Jumat, 23 November 2012

UJI KONEKSI JARINGAN DENGAN PERINTAH "ping"


Bila kita merupakan pelanggan layanan internet terutama telkom speedy barangkali pernah mengalami ataupun mendapati kesulitan untuk membuka halaman web atau browsing, padahal indikator LAN (Local area conection) conected atau tersambung. Hal ini biasanya disebabkan gangguan karena modem belum terhubung ke internet, atau karena line telpon putus, splitter yang mengalami adanya korosi atau memang kondisi modem yang perlu setting ulang. Indikator Local area conection yang ada dikomputer itu hanya menunjukkan koneksi dari PC ke modem, sedangkan untuk mengetahui apakah modem sudah tersambung ke internet atau belum, bisa dengan perintah “ping” dari command prompt atau DOS.
Ping adalah sebuah program utilitis yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utiliti ini, anda dapat menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya atau internet. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Untuk pengguna windows, cara nge- ping untuk menguji konektivitas sebagai berikut:
1. klik Start -> Run, ketik “cmd” (tanpa tanda petik).
2. ketik Ping[spasi]alamat IP yang dituju. misal ping 192.168.1.2 lalu enter.
akan kita lihat hasil penge-ping-an


Untuk menjamin pengujian ini benar kita aperlu teliti dalam pengetikan perintah. Bila pengetikan keliru meskipun hanya satu huruf/karakter maka perintah tidak dapat dikenali. Bila jaringan ternyata mengalami gangguan atau tidak adanya koneksi maka hasil penge-ping-an kan muncul seperti berikut :

Kegunaan perintah "ping" ini akan memudahkan kita ketika praktik di laboratorium komputer yang telah memiliki jaringan LAN. Karena kita dapat menguji apakah komputer yang kita gunakan terhubung ke komputer lainnya ataukah tidak. Sehingga kita dapat mengetahui komputer kita bisa berbagi dan berkomunikasi dengan komputer lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar